Menjadi Pekerja Lepas

Apakah Anda percaya Anda dapat menghasilkan uang hanya dengan duduk di rumah? Anda tidak perlu bangun pagi, memakai seragam atau pakaian kerja dan mengantri di jalanan yang macet. Anda tidak harus pergi dari rumah pada jam tertentu dan kembali pulang pada jam tertentu pula. Hanya dengan duduk di rumah dan uang mengalir ke dalam dompet Anda.

Tentu saja bukan hanya duduk sambil ongkang-ongkang kaki, walaupun sesekali Anda dapat melakukannya. Duduk Anda adalah duduk yang produktif, bisa di depan komputer Anda, di meja gambar, di depan mesin jahit dll. Waktu kerja Anda tidak menentu, begitu juga dengan gaji Anda. Akan tetapi Anda dapat menyediakan waktu lebih banyak untuk keluarga, karena Anda hampir selalu ada di rumah. Komunikasi dengan keluarga pun bisa menjadi lebih baik.

Akan tetapi, bekerja di rumah atau bekerja lepas memiliki risiko yang besar. Sebelum Anda memutuskan untuk menjadi pekerja lepas sepenuhnya, Anda harus mempertimbangkannya masak-masak. Terutama jika Anda memiliki tanggungan. Jika Anda merasa kurang nyaman dengan penghasilan yang tidak menentu, walaupun bisa lebih besar dari gaji bulanan Anda saat ini, mungkin Anda bisa bekerja lepas paruh waktu.

Risiko dari bekerja lepas, antara lain:
1. Gaji tidak diterima per bulan, atau tidak menentu. Jumlahnya pun bisa bervariasi.
2. Anda tidak bertemu dengan klien. Misal, komunikasi hanya berjalan melalui internet. Apa yang menjamin klien akan membayar hasil pekerjaan kita?
3. Biaya produksi, biaya sarana dan prasarana harus disediakan oleh Anda sendiri.

Keuntungan:
1. Dapat lebih sering ada di rumah, sehingga keluarga lebih mendapat perhatian.
2. Tidak ada ongkos bensin.
3. Tidak ada macet.
4. Tidak ada polusi udara.
5. Bisa beristirahat kapan pun Anda merasa lelah.
6. Dapat memilih tempat bekerja yang paling nyaman. Misal, di taman.
7. Dapat berpenampilan lebih santai, karena tidak perlu bertemu dengan klien.

Banyak bidang yang bisa Anda pilih untuk menghasilkan uang dengan menjadi pekerja lepas. Misalnya, menjual produk melalui internet seperti lewat ebay atau toko online, menjadi produsen produk-produk kreatif, menjadi konsultan jarak jauh, tutor elearning, penerjemah, penulis, atau programmer. Masih banyak bidang lainnya yang bisa dijadikan lahan rupiah bahkan dollar, euro dst.

Bagaimana pun tidak ada seorang pun yang akan berhasil tanpa usaha dan kerja keras. Hal pertama yang harus dilakukan adalah BELAJAR. Mempelajari apa yang pernah dilakukan oleh orang lain dan yang belum mereka lakukan. Anda dapat belajar melalui internet. Internet merupakan sumber informasi yang sangat besar dan lengkap, bahkan mungkin lebih lengkap dari perpustakaan. Jangan menunda-nunda hal yang bisa Anda kerjakan sekarang, segeralah menjalaninya agar kita mendapatkan pengalaman sedikit demi sedikit.

Mungkin Anda pernah membaca tentang banyaknya orang yang sukses dalam sekejap, tetapi ada juga yang mendapatkan sukses secara perlahan-lahan. Jangan menyerah, jika melakukan kesalahan perbaiki di kemudian hari.

Hal utama yang harus dijadikan pedoman adalah menjaga KEPERCAYAAN klien. Karena bisnis jarak jauh hanya mengandalkan kepercayaan. Kesabaran dan keuletan pun tentu menjadi rumus yang berguna untuk karir Anda sebagai pekerja lepas yang profesional.

Berikut ini beberapa situs penyedia pekerjaan untuk pekerja lepas:

1. Freelancer.com

2. Odesk.com

3. Craigslist

4. KutuKerja

Advertisements

One thought on “Menjadi Pekerja Lepas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s