Mencari Uang di Rumah? Kenapa tidak?

Saat ini tingkat pengangguran memang cukup tinggi. Apalagi di beberapa negara dunia ketiga. Keterbatasan lapangan kerja, ketidaksesuaian kompetensi dengan apa yang diharapkan perusahaan hingga berbagai macam alasan lainnya membuat mereka yang berusia produktif harus duduk berpangku tangan.

Ada pula contoh kasus lain yang perlu diperhatikan. Berapa banyak rumah tangga yang merasa memiliki tingkat ekonomi berlebih atau minimal berkecukupan? Tentu tidak begitu banyak. Yang paling mudah kita temui di masyarakat justru mereka yang mengaku berpenghasilan minim dan mereka yang setiap bulannya selalu mengeluh karena penghasilan tak kunjung mencukupi kebutuhan.

Pepatah bilang banyak jalan menuju Roma, begitupun tentang mendapat penghasilan ekstra. Tentu saja saya tidak menyarankan Anda untuk memiliki kerja sampingan yang bersifat negatif atau pekerjaan yang membutuhkan modal milyaran. Anda cukup memiliki keinginan kuat, motivasi tinggi, serta seperangkat komputer dengan layanan internet. Untuk syarat yang disebut terakhir, tentu saja itu bukan sebuah syarat mutlak mengingat banyak sekali warung internet bertebaran di mana-mana.

Anda pernah mendengar istilah bekerja di rumah? Ya, bekerja di rumah kini makin banyak dilirik, bukan hanya oleh para pemuda pengangguran, tetapi juga oleh para ibu rumah tangga, pensiunan, mahasiswa bahkan pegawai kantoran. Bagaimana tidak? Dengan bermodalkan uang beberapa ribu rupiah setiap hari Anda bisa mendapat penghasilan yang cukup menggiurkan. Apalagi banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mencoba bekerja di rumah. Apa saja?

Yang pertama, Anda tidak perlu membuang waktu, keringat dan tenaga Anda untuk menempuh perjalanan dari rumah ke tempat bekerja. Hal ini dikarenakan Anda tinggal tersambung pada layanan internet dan mulai bekerja.

Yang kedua, Anda bisa menentukan sendiri jam kerja Anda. Pengaturan waktu ini tentu akan lebih fleksibel dan tidak akan ada yang marah ketika Anda mengganti waktu Anda (terkecuali bila ada perjanjian dengan klien sebelumnya). Keuntungan yang lainnya adalah Anda dapat lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga.

Mungkin Anda belum percaya bahwa bekerja di rumah bisa mendapatkan penghasilan bulanan yang cukup dan bisa membuat Anda mandiri. Memang mayoritas jenis pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah melalui internet merupakan pekerjaan lepas alias pekerjaan per proyek. Proyek beres Anda pun tidak terikat lagi. Tapi jangan takut Anda tidak bisa mendapatkan penghasilan sepeser pun.

Dalam jaringan internet, Anda bisa menemukan ratusan bahkan ribuan pekerjaan. Dari mulai pekerjaan yang mudah tanpa memerlukan keahlian hanya sekadar copy-paste atau membuka sebuah situs hingga pekerjaan yang memerlukan keahlian tertentu seperti jasa penerjemah, penulisan artikel hingga desain grafis.

Namun tentu saja ada beberapa risiko yang dihadapi pekerja lepas melalui internet. Salah satu risiko terbesarnya tentu jika pekerjaan Anda tak dibayar. Apalagi bekerja lepas melalui internet biasanya tanpa ada kontrak perjanjian formal dan Anda tidak pernah bertemu muka dengannya.

Oleh karena itu berhati-hatilah ketika Anda melakukan transaksi dengan orang yang bekerja sama dengan Anda. Ada baiknya Anda melihat profil pihak pemberi kerja terlebih dahulu. Hal itu bisa membantu Anda untuk melihat dan menilai pihak pemberi kerja sebelum memutuskan akan bekerja sama atau tidak.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah komitmen dan kejujuran Anda sendiri. Dalam bekerja lepas melalui internet ini Anda harus bisa memenuhi tenggat waktu yang disediakan oleh pihak pemberi kerja. Karena jika Anda tidak bisa memuaskan pihak pemberi kerja tentu akan berpengaruh pada penghasilan Anda.

Selamat bekerja di rumah!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s