Meminimalkan Penggunaan Tisu

Isu penyelamatan bumi dari pemanasan global merupakan isu yang mendapat perhatian banyak orang saat ini. Walaupun demikian, masih sulit bagi kita untuk mengurangi penyebab pemanasan global. Misalnya, membuang sampah sembarangan dan pengolahannya yang belum efektif, penggunaan air yang berlebihan, penggunaan CFC dalam berbagai produk dan lain-lain.

Tisu atau kertas dibuat dari pepohonan. Jika tisu dan kertas terus-menerus diproduksi, maka lambat laun pepohonan kita akan habis. Akibatnya, hutan kita menjadi gundul dan Indonesia tidak lagi menjadi paru-paru dunia. Tanah tidak dapat menyerap air dengan baik, oksigen yang dihasilkan pun akan berkurang, dan tentunya hal ini akan membuat keseimbangan bumi berkurang dan menjadikan pemanasan global semakin parah.

Saya sendiri masih kesulitan untuk tidak menggunakan tisu sama sekali. Walaupun demikian, ada cara untuk mengurangi jumlah pemakaian tisu. Mulai dari diri sendiri. Mulai dari hal terkecil. Mulai dari sekarang. Mungkin Anda ingat dengan tiga slogan tersebut. Itu adalah prinsip dari Aa Gym.

Jika Anda tidak dapat berhenti menggunakan tisu sama sekali, maka pertama, gunakan tisu ketika Anda benar-benar butuh. Misalnya, ketika Anda bepergian. Kedua, gunakan tisu yang tipis. Biasanya tisu memiliki 2 sampai 3 lapisan. Pilihlah yang terdiri dari dua lapisan. Kalau bisa, lapisannya dipisahkan. Tisu yang tipis juga masih bisa digunakan untuk membersihkan. Kadang-kadang tisu hanya kita gunakan untuk membersihkan sedikit kotoran dan masih tersisa tisu yang bersih. Jadi, jika lapisan tisu yang digunakan hanya satu, tisu yang terbuang jadi lebih sedikit.

Ketiga, beli tisu yang ukurannya kecil. Alasannya sama, seringkali kita membuang tisu yang hanya terpakai sedikit. Lalu kita mengambil tisu yang baru dan membuangnya lagi. Kalau tisu berukuran kecil, maka kita tidak akan terlalu memboroskan tisu.

Keempat, hindari penggunaan tisu di rumah untuk membersihkan sesuatu. Jika Anda sedang berada di rumah, lebih baik gunakan sapu tangan, handuk atau lap kain sebagai alat pembersih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s