Data dari Internet, Validkah?

Setelah jaringan internet digunakan secara luas dan situs pencarian informasi mulai dikenal masyarakat awam, internet pun kerapkali menjadi tempat pertama untuk pencarian informasi dan data. Baik data untuk tugas sekolah atau kuliah, penulisan artikel hingga penulisan tugas akhir seperti skripsi, disertasi dan tesis.

Kita cukup menulis kata kunci di sebuah situs pencarian maka dalam beberapa detik atau malah kurang dari satu detik maka ratusan atau ribuan artikel yang berkaitan dengan apa yang kita cari muncul. Kemudahan inilah yang membuat orang-orang berpaling dari pencarian konvensional dengan buku, diktat atau makalah ke pencarian melalui internet. Banyaknya data yang bisa langsung didapat membuat banyak orang merasa puas. Apalagi informasi yang ada di jaringan internet tidak terbatas.

Selain itu data di internet yang berbentuk digital memudahkan penggunanya untuk menyalin dan memindahkannya ke dalam file mereka. Namun jangan salah, tidak setiap informasi yang ada dalam internet adalah benar. Situs penyedia informasi sebesar wikipedia yang sangat memudahkan orang untuk mencari artikel dan menyunting isinya ternyata pernah memuat suntingan dan atau artikel yang tidak berbasis fakta. Bahkan dalam klaim umum disebutkan bahwa Wikipedia tidak bisa menjamin validitas dan keakuratan artikel-artikelnya.

Sayangnya kemudahan pencarian informasi ini benar-benar digunakan untuk penulisan artikel dan penelitian. sebuah informasi yang salah bisa jadi disalin begitu saja kemudian di publikasikan lagi. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan efek bola salju dan bisa jadi informasi yang sebetulnya salah itu diterima masyarakat sebagai informasi yang benar dan akurat.

Selain itu kita juga pasti percaya bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia maya. Oleh karena itu para penulis artikel pun patut dicurigai validitasnya. Bisa saja seorang yang mengaku profesor dan menerbitkan artikel ternyata hanya seorang yang tidak bersekolah. Atau bisa jadi ditulis berdasarkan keisengan semata seperti yang pernah dilakukan Brian Chase yang menulis bahwa mantan direktur editorial USA Today, John Seigenthaler, terlibat dalam pembunuhan presiden Amerika Serikat John Kennedy.

Hal-hal seperti inilah yang harus menjadi perhatian kita. Belum lagi masalah orisinalitas sumber informasi. Budaya salin-tempel yang lekat di sebagian besar masyarakat membuat kita kadang menemukan para plagiator yang dengan seenaknya mengklaim bahwa tulisan yang dipublikasikan adalah karya asli mereka.

Lantas bagaimana agar kita bisa mengecek dan yakin tentang validitas dan orisinalitas artikel atau bahan yang kita ambil dari internet?

Yang harus dilakukan pertama kali adalah mengecek ulang tentang siapa pembuat artikel tersebut. Jika artikel atau bahan yang kita ambil berasal dari sebuah blog maka kita setidaknya kita melihat dan membaca profilnya terlebih dahulu. Apakah bahan yang kita ambil merupakan sebuah artikel yang ditulis oleh mereka yang ahli dibidangnya atau yang hanya sekadar tahu. Hal ini penting sekali dilakukan, apalagi jika kita menulis untuk kegunaan penelitian.

Jika bahan yang kita ambil berasal dari sebuah portal informasi maka kita harus kembali memeriksa apakah informasi yang kita peroleh itu benar atau tidak melalui data-data sekunder. Mungkin terdengar rumit namun untuk mencegah kesalahan informasi dalam artikel atau sebuah penelitian hal ini mutlak dilakukan.

Untuk mengetahui orisinalitas sebuah artikel atau penelitian di internet maka kita bisa mengunjungi situs-situs pengecekan plagiarisme. Selain itu sebagai penulis dan peneliti yang baik, jika kita memang benar-benar mengutip seluruhnya, bukan dengan menulis ulang bahan dari internet, kita harus mencantumkan sumber.

Pencantuman sumber sangatlah penting untuk menjaga validitas tulisan kita. Dalam penelitian ilmiah hal ini mutlak dilakukan agar hasil penelitian bisa disebut valid dan terpercaya bukan hanya karangan penulis semata. Begitu pun dalam penulisan artikel, setiap data yang kita peroleh ada baiknya dicantumkan sumbernya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s